Senin, 23 Maret 2020

ekspedisi Gunung Kencana

Ekpedisi Pendakian Gunung kencana
 1830 Mdpl

Gunung Kencana yang terletak di Jl. Raya Puncak KM. 8,7 . Lebih mudahnya, kalo kalian gak tau, itu gak jauh dari masjid At Ta'awun lurus lagi masuk ke jalan Telaga Warna. Nanti telaga warna lurus, kalian ambil kiri . Nah, itu arah ke Gunung Kencana .

Buat pendaki baru kaya gue Gunung Kencana cocok deh, dilihat dari ketinggiannya yang nggak begitu tinggi, yaitu hanya 1803 mdpl.
 Jadi, kita berangkat 8 orang dan dua  orang lagi nyusul nanti malam. Berangkat dari rumah jam 7 dan nyampe diatas puncak gunungnya jam 3 siang .
 Kok lama? Kan deket.. Jadi gini ceritanya guys..

Kita berangkat jam 7, jalan lah.. Nah gue sebagai cowo tangguh *eaaa tapi boong haha* bawa lah motor ngebonceng temen  cewe.
Dan diseperempat jalan, pakai drama dulu ada yang kelewat dan udah sampe bogor.. Daan dia gatau jalan ahirnyaaa.. Kitapun nunggu dipom kurang lebih setengah jam lewat. Kenapa nunggu? Karena kita jalan lewat bukit pelangi bukan lewat bogor .
 Ditengah jalan yang luar biasa, yaaa karena penerangan bener bener minim, apalagi pas sampe bukit pelangi, yang jalannya kalo malem sepi dan jalanannya gak semuanya mulus . Kita nyampe bukit pelangi sekitar jam 09:25. Bermodalkan jaket, helm dan doa. Jalanlah gue bawa motor.

Jalan puncak agak macet, kita sampai didepan loket pendaftarannya jam 11:30 . Naiklah kita keatas, seperempat jalan, kita berenti karena ban motor ada yang bocor. Oke kita puter arah balik lagi karena disitu sepi parah, gak ada tambal ban .
 Sekitar jam 12:25 kita naik lagi ke parkiran, yang untuk menuju parkiran jalanannya masyaaa Allah . Itu bebatuan semua, dan bebatuan nya lumayan besar . Untuk menuju parkiran, udah bebatuan, jalanannya ntar naik ntar turun, gelap gak ada penerangan sama sekali, kiri kanan cuma hutan dan jurang kebun teh. Dan pakai drama motor ada yang ga kuat nanjat, jadi lah gue turun dan jalan kaki bentar
 naah ditengah jalan ada perkampungan guys, luar biasaaa..
 Ohyaaa sekedar info, kalo kita gak bawa motor, jalan dari loket ke kaki gunung, itu dibutuhkan waktu 5 jam (kata temen yang pengalaman gak bawa motor). Lumayaaaan, jadi disarankan mending bawa motor .

Dan bisa juga sebenarnya gak lewat bebatuan, jalan aspal. Tapiiii tanjatnnya bener bener curam. Jadi khawatir motorpun gak nanjat .

Sampailah kita diparkiran sekitar jam 2 siang. Kita rehat bentar dan ngisi air buat persiapan diatas .
 Kita doa bentar semoga gak ada kendala, dan langsung jalan ke kaki gunung .
 Sampai kaki gunung sekitar jam 14:30 kita bayar dulu tiket masuk .

Kita naik keatas, awal naik kita akan disuguhkan oleh tanjakan Sambalado. Daaaaan rasanya juga sambalado dah naik situ, hati hati yang bawaan tasnya gede, takut jungkir balik kebelakang lagi. Jalanannya nanjat semua gak ada yang landai . Hati hati juga guys kalo kesana, jangan lupa bawa senter kalo daki malem karena jalanan gelap dan jalur pendakian disana juga banyak batang pohonnya jadi hati hati licin .
Jangan lupa juga bawa sofell atau garam, untuk apa? Karena disana banyak pacet. Apalagi kalo tanahnya lembab. Jadi kita sedia payung sebelum hujan *eaaa. Takut takut kegigit, karena pas kita naik pun. Pendaki lain ada yang ke gigit pacet .
Kita sampai jam 3:20, mulailah diriin tenda. Dan diatas sana udah ada 6 tenda pendaki. Kebetulan gak lagi rame. Gak kaya waktu temen naik, keadaannya lagi rame .Kami pun mendirikan tenda dan membuat makanan. Malam pun tiba, kami pun membuat makanan dan minuman yang hangat . sambil menunggu makanan matang kami pun bercanda gurau sambil  memaikan gitar dan ditemani viuew di malam hari di atas gunung kencana.
Dan disana dingin bener bener dingin. Tidur pas bangun pun tenda bawah berembun. Dan salah satu  temen pendaki yang tak saya kenal membuat api unggun. Saya dan salah satu teman saya masih belum bisa tidur  kami pun join bersama pendaki yang membuat api unggun. Kami bercanda gurau sambil di temani kopi hangat dan sebungkus rokok. Malam semakin malam semakin banyak pendaki yang datang dan mendirikan tenda di dekat tenda kami dirikan. Saya pun merasa ngantuk dan tidur menggunakan sleeping bag. Bangun menjelang subuh sendiri, dan gatau mau ngapain. Serba salah.. Begini dingin begitu dingin. Jadi buat yang mau daki kesana, diusahakan persiapkan jangan cuma bawa jaket 1 . Pas subuh, bangun lah kita buat sholat subuh, masya Allah pas ngambil wudhunya, gak bisa diungkapkan dengan kata kata *asyiiikk. Pas pagi, Subhanallah kita disuguhkan pemandangan yang luar biasa. Pemandangan Gunung Salak, Gunung Gede Pangrango . kami pun membuat sarapan, dan saya ditemani teman saya mengambil air di pos sambalado. Saat turun untuk mengambil air saya berjumpa pendaki yang ingin menuju puncak gunung kencana. Kami pun bertegur sapa, sesampainya di pos sambalado kami pun mengisi air dan meminum air dari mata air. Setelah mengisi air kami pun bergegas menuju puncak gunung kencana untuk member airnya untuk memasak dan minum.
Sesampainya di puncak kami pun membuat teh dan sarapan. Setelah matang makanannya kami pun berkumpul berhadap – hadapan, untuk menyantap makanan yang sangat nikmat. *eaaa
 Gak sampai sore banget kita pun breving dan berberes. Sebelum tureun kami pun gak mau ketinggalan mengebadikan atau berfoto – foto untuk kenang – kenangan buat anak cucunanti. Wkwkwk*

“Muda Berkelana Tua Bercerita”